PERKEMBANGAN SISTEM INFORMASI SECARA INTERNASIONAL
Tatanan dunia baru berpengaruh terhadap banyak
sekali perusahaan nasional, industri internasional, dan perekonomian
internasional oleh para politikus setempat. Banyak perusahaan lokal akan
tergantikan dengan perusahaan yang memiliki jaringan yang dapat bertumbuh pesat
yang dapat melintasi batas antarnegara. Pertumbuhan perdagangan internasional
telah mengubah perekonomian lokal di seluruh dunia dengan begitu hebatnya
MEMBANGUN ARSITEKTUR SISTEM INFORMASI INTERNASIONAL
Arsitektur sistem informasi internasional (internasional informasi
system architecture) terdiri atas sistem informasi dasar yang
dibutuhkan oleh organisasi dalam mengoordinasikan perdagangan dunia dan bebagai
aktivitas lainnya. Dimensi utama untuk mengembangkan arsitektur sistem
informasi internasional dalam lingkungan global adalah strategi global yang perusahaan, struktur organisasi, manajemen
dan proses bisnis, dan platform teknologi.
Strategi dasar yang perlu diikuti saat membuat
sebuah sistem internasional adalah memahami lingkungan global dimana perusahaan
beroperasi. Artinya, diperlukan pemahaman tentang kekuatan pasar secara
keseluruhan atau penggerak bisnis , yang mendorong anda ke arah kompetisi
global.
Penggerak bisnis (business driver) adalah
kekuatan dalam lingkungan yang harus direspon perusahaan dan yang memengaruhi
arah gerak dari perusahaan sendiri.
LINGKUNGAN GLOBAL : PENGGERAK DAN TANTANGAN BISNIS
FAKTOR BUDAYA: komunikasi global dan transportasi
teknologi, pengembang budaya global, munculnya norma norma sosial global,
stabilitas politik, basis pengetahuan global.
FAKTOR BISNIS YANG SPESIFIK: pasar global, produksi
dan operasi global, koordinasi global, global workforce, ekonomi bersekala
global.
TANTANGAN BISNIS
Ditingkat budaya adanya Particularisme (particularism),
penilaian dan tindakan bedasarkan pemikiran yang sempit atau bedasarkan
karakteristik pribadi, dalam bentuk apa pun (agama, kebangsaan, etnis,
regionalisme, posisi geopolitik) menolak konsep dasar bagi suatu kultur global
bersama dan menolak dimasukinya pasar domestik oleh barang dan jasa dari luar
negeri.
Aliran dan lintas batas (transborder data flow) didefinisikan
sebagai perpindahan informasi yang melewati batas internasional dalam bentuk
apa pun.
TABEL TANTANGAN DAN HAMBATAN SISTEM BISNIS GLOBAL
GLOBAL: Partikularisme budaya: Regionalisme,
nasionalisme, perbedaan bahasa. Harapan sosial: Merek-nama harapan, jam kerja. Undang-undang
politik: Data lintas batas dan undang-undang privasi.
SPESIFIK: Standar: Berbeda Electronic Data
Interchange (EDI), e-mail, standar telekomunikasi. Keandalan: jaringan telepon
tidak merata dan tak terpercaya. Kecepatan: kecepatan transfer data yang
berbeda, banyak lebih lambat dari peraturan komersial Amerika Serikat. Personil:
Kekurangan konsultan terampil.
STRATEGI GLOBAL DAN ORGANISASI BISNIS
Terdapat 4 strategi global dalam basis struktur
organisasional perusahaan global, diantaranya:
Eksportir domestik (domestic eksporter)
Cirinya aktivitas perusahaan di negara asal
perusahaan tersebut terpusat. Produksi, keuangan/akuntansi, sumber daya
manusia, penjualan /pemasaran, dan manajemen strategis diatur untuk
mengoptimalkan sumber daya di negara asal. Penjualan internasional biasanya
menggunakan perjanjian agensi atau anak perusahaan, tetapi pemasaran luar
negeri ini lebih bergantung kepada dasar strategi pemasaran dinegara asal.
Contoh : Cartepilar coorporation dan pabrik – pabrik peralatan berat.
Multinasional (multinatioal)
Strategi ini memusatkan manajemen keuangan dan
pengendalian di luar negara asal dan melakukan desentralisasi unitnya di
negara-negara lain. Produk dan layanan penjualan diberbagai negara disesuaikan
dengan kondisi pasar setempat. Organisasi menjadi suatu kumpulan dari fasilitas
produksi dan pemasaran di luar negeri. Perusahaan yang menggunakan sistem
ini, contohnya : General Motors , Chrysler, dan Intel.
Waralaba (Franchiser)
Dalam sistem ini, produk diciptakan, dirancang,
dibiayai, dan diproduksi pertama kalinya dinegara asal, tetapi untuk alasan
khusus terhadap produk tertentu harus disesuaikan dengan personil luar negeri
untuk memperluas proses produksi, pemasaran, dan sumber daya manusianya.
Contohnya : Waralaba makanan seperti mcDonalds ,
Mrs. Fields cookies, dan KFC.
Lintas Negara (transnational)
Sistem ini menjadikan setiap aktivitas dapat
memberikan nilai tambah yang diatur dari prespektif global tanpa memandang
batas – batas nasional , mengoptimalkan sumber daya dari pasokan dan
permintaan, dan memanfaatkan kesempatan dari keunggulan kompetitif lokal. Tata
kelola perusahaan –perusahaan seperti ini sangat mirip dengan struktur federal,
dimana tempat inti manajemen pusat yang kuat untuk melakukan pengambilan
keputusan, tetapi terbesar kekuatannya dan daya keuangannya pada seluruh
diivisi globalnya. Contoh perusahaan yang menggunakan sistem ini : Citicorp ,
Sony , Ford.
SISTEM GLOBAL YANG DISESUAIKAN DENGAN STRATEGI
Ditunjukkan dalam tabel dibawah ini :
Tanda X menunjukkan pola strategi yang dominan dari
setiap system.
MENGATUR ULANG BISNIS
Prinsip dalam mengembangkan sebuah perusahaan global
dan struktur pendukung sistem informasi:
Menata ulang aktivitas yang dapat memberikan nilai
tambah sesuai dengan keunggulan komparatifnya.
Mengembangkan dan mengoperasikan unit-unit sistem
pada tingkat aktivitas perushaan regional , nasional, dan internasional.
Mendirikan kantor tunggal dikantor pusat dunia yang
bertanggung jawab atas pengembangan sistem internasional, posisi direktur
informasi.
MENGELOLA SISTEM GLOBAL
TANTANGAN MANAJEMEN DALAM MENGEMBANGKAN SISTEM
GLOBAL
|
Menyepakati kebutuhan pengguna bersama
|
|
Mengenalkan perubahan kedalam proses bisnis
|
|
Mengoordinasikan pengembangan aplikasi
|
|
Mengoordinasi peluncuran software
|
|
Mendorong pengguna lokal untuk mendukung sistem
global
|
Sistem inti (core sistem) (scope system
bisnis: local, regional, global system) adalah sistem yang mendukung
fungsi-fungsi yang benar-benar penting bagi organisasi. Sistem yang lainnya
harus dikoordinasikan secara terpisah karena sistem tersebut merupakan elemen
penting, tetapi tidak harus nyata di berbagai negara.
Langkah menentukan core system :
Definisikan proses inti bisnis
Identifikasikan sistem inti dalam koordinat yang
terpusat
Pilihlah pendekatan : Incremental/ Grand
Design/ Evolusi
Pastikan Manfaat dapat dirasakan
ISU TEKNOLOGI DAN PELUANG DALAM RANTAI BISNIS GLOBAL
TANTANGAN TEKNOLOGI SISTEM GLOBAL
Platform komputasi dan pengintegrasian sistem
Haruslah menjawab : ” Bagaimana sistem inti yang
baru akan cocok dengan sejumlah aplikasi yang ada yang telah dikembangkan di
seluruh dunia oleh divisi – divisi yag berbeda, orang-orang yang berbeda, dan
untuk jenis- jenis peranti keras komputasi yang berbeda?” Agar dapat
mengembangkan sistem global, terdistribusi, dan teritegrasi untuk mendukung
proses bisnis digital yang melintasi batas-batas antar negara.
Konektifitas
Permasalahan yang terjadi biasanya : kualitas
jasa, keamanan, biaya dan tariff, manajemen jaringan, lambat dalam
penginstalan, kualitas yang buruk dalam jasa internasional, keterbatasan yang
disebabkan oleh peraturan, kapasitas jaringan
Lokalisasi Software
Keterbatasannya harus menyediakan software dalam
berbagai bahasa, tampilannya harus mudah dipahami oleh pengguna

Tidak ada komentar:
Posting Komentar