E-COMMERCE MASA KINI
E-commerce merajuk pada
penggunaan Internet dan Web untuk melakukan transaksi bisnis, atau e-commerce
adalah lingkungan digital yang memungkinkan transaksi komersial terjadi di
antara banyak organisasi dan individu. Jadi, segala transaksi berhubungan dengan
internet dan Web.
Pertumbuhan dan
perkembangan E-commerce terus terjadi, baik individu atau perusahaan akan
beralih menggunakan Internet untuk melakukan perdagangan dengan lebih banyak
barang dan jasa yang dijual secara online dan lebih banyak rumah tangga yang
mulai menggunakan telekomunikasi broadband. Industri beralih ke E-commerce,
seperti travel, music, hiburan, pendidikan juga keuangan.
MENGAPA E-COMMERCE
BERBEDA?
Tabel 8 Keunikan
Layanan Teknologi E-Commerce
|
DIMENSI TEKNOLOGI
E-COMMERCE
|
SIGNIFIKANSI
BISNIS
|
|
Tak terbatas oleh
tempat, jarak dan waktu
(Ubiquity)
|
E-commerce
memungkinkan kita berbelanja dimana saja, dan kapan saja karena marketspace
bukan lagi berarti tempat bertemunya penjual dan pembeli, tapi melintas batas
tradisional, bahkan batas geografis sekalipun. Biaya untuk berbelanja akan
lebih hemat.
|
|
Jangkauan Global
(Global reach)
|
Memungkinkan
transaksi komersial melintasi batas-batas budaya dan negara dengan kenyamanan
yang lebih tinggi dan biaya yang lebih efektif daripada dalam suatu sistem
perdagangan yang tradisional. Akibatnya, ukuran pasar potensial untuk
pedagang e-commerce secara kasar sama dengan ukuran populasi online dunia.
|
|
Standar Universal
(Universal standards)
|
Standar teknik untuk
melakukan e-commerce merupakan standar universal, karena menggunakan
internet. Keuntungannya :
a.
Bagi produsen akan menekan biaya masuk pasar (market entry cost)—biaya yang
harus dikeluarkan oleh penjual untuk membawa barangnya ke pasar
b.
Bagi konsumen, standar universal mengurangi biaya pencarian (search
cost)—usaha yang dibutuhkan untuk mendapatkan barang sesuai keinginan mereka
|
|
Multifungsi/
Multi-manfaat
(Richness)
|
Isi dari suatu pesan
yang digunakan dalam marketing disajikan secara beragam, melalui video,
audio, dan pesan lainnya.
|
|
Keinteraktifan
(Interactivity)
|
memungkinkan
terjadinya komunikasi dua arah (interaksi yang interaktif) antara penjual dan
konsumen.
|
|
Kepadatan Informasi
(Information Density)
|
Biaya untuk mengakses
informasi, menyimpan, dan berkomunikasi akan dapat ditekan, namun tetap
menjaga keakuratan.
|
|
Personalisasi/Penyesuaian
(Personalization/
Customization)
|
Personalisasi:
Pedagang dapat memberikan pesan pemasaran kepada pelanggan sesuai kualifikasi
yang diinginkan
Penyesuaian :
memudahkan dalam mengubah barang atau jasa yang dijual sesuai dengan
preferensi pengguna atau perilaku yang ia tunjukkan sebelumnya. Contoh :
harga, warna, dll
|
|
Teknologi Sosial
(Social Technology)
|
Model bisnis dimana
dapat menghubungkan antara bisnis dengan akun media sosial
|
KONSEP UTAMA DALAM
E-COMMERCE: PASAR DIGITAL DAN BARANG DIGITAL DALAM LAHAN PEMASARAN YANG GLOBAL
Internet mengurangi
asimetri (ketimpangan) informasi.
Jadi, dengan adanya
internet, orang akan mudah mendapatkan informasi, sehingga tidak ada yang
dirugikan dalam penawaran barang karena ada yang memiliki informasi lebih atas
barang tersebut.
Pasar digital sangat
fleksibel dan efisien karena beroperasi dengan biaya pencarian dan transaksi
yang sangat kecil, biaya menu (menu cost, biaya penjual akibat perubahan harga)
yang lebih rendah, diskriminasi harga, dan kemampuan untuk mengubah harga
dengan dinamis yang disesuaikan dengan kondisi pasar. Dalam penentuan harga
dinamis (dynamic pricing), harga dari sebuah barang bergantung pada
karakteristik permintaan dari konsumen atau situasi pasokan dari penjual.
Barang Digital
Barang digital (digital
goods) adalah barang yang dapat dikirimkan melalui jaringan digital. Musik,
video, peranti lunak, koran, majalah, dan buku semuanya dapat dinyatakan,
disimpan, dikirim, dan dijual sebagai barang digital
Pasar Digital vs Pasar
Tradisional
|
Kualifikasi
|
Pasar Digital
|
Pasar Tradisional
|
|
informasi ????
|
Berkurang
|
Tinggi
|
|
Biaya pencarian
|
Rendah
|
Tinggi
|
|
Biaya Transaksi
|
Rendah
|
Tinggi (waktu,
perjalanan)
|
|
Gratifikasi dalam
keterlambatan
|
Tinggi
|
Rendah (terima barang
saat transaksi)
|
|
Biaya menu
|
Rendah
|
Tinggi
|
|
Harga yang dinamis
|
Biaya yang Rendah,
Instan
|
Biaya Tinggi, lambat
|
|
Diskriminasi harga
|
Biaya yang Rendah,
Instan
|
Biaya Tinggi, lambat
|
|
Segmentasi Pasar
|
Biaya yang Rendah,
kalangan atas
|
Biaya Tinggi,
Kalangan menengah ke bawah
|
|
Biaya pengembalian
|
Tergantung
karakteristik produk
|
Tinggi
|
|
Efek Jaringan
|
Kuat
|
Lemah
|
|
Intermediasi
|
Berpotensi
|
Kurang berpotensi
|
B. E-COMMERCE : BISNIS
DAN TEKNOLOGI
TIPE/ JENIS E-COMMERCE
:
Bisnis ke konsumen / Business-to-consumer (B2C) electronic
commerce yang melibatkan penjualan produk dan layanan secara eceran kepada
pembeli perorangan. Menjual music, buku, software.
Bisnis ke bisnis/ Business-to-business (B2B) electronic
commerce yang melibatkan penjualan produk dan layanan antar perusahaan.
Contoh : ChemConnect’s Web site yang menjual bahan kimia dan plastic
Konsumen ke konsumen/ Consumer-to-consumer (C2C) electronic
commerce yang melibatkan konsumen yang menjual secara langsung ke
konsumen. Contoh :eBay
E – Commerce bisnis ke
bisnis (B2B) masih didasarkan pada pada sitem berbayar untuk pertukaran data
elektronik (EDI), yang memungkin pertukaran informasi komputer atara dua
organisasi dari transaksi standar.
MODEL BISNIS E-COMMERCE
Portal
Penyedia mesin
pencarian dan paket terintegrasi di Web seperti Google, Bing, Yahoo, MSN yang
menyediakan jasa dan menu e-mail, kalender, belanja, dll dalam satu tempat
E-Tailer (toko
yang menjual barang-barang secara online)
Content Provider
Penyedia konten-konten
informasi, seperti video, music, foto, seni, edukasi. Contohnya: Apple,
youtube, flickr.
Transaksi Broker
(perantara transaksi, seperti pialang saham online, layanan travel online)
Kreator Pasar/ Market
Creator
Perancang layanan pasar
online, dimana penjual dan pembeli dapat membuka toko online dan bertransaksi
melalui situs tersebut. Contoh : eBay, priceline
Service Provider
(penjualan jasa secara online)
Community Provider
Situs dimana
orang-orang yang memiliki selera yang sama dapat bertransaksi (jual-beli),
meng-share kesukaannya dalam bentuk foto, video, berkomunikasi seperti
pemikiran orang, menerima informasi dan bahkan menggunakan karakter yang
disebut avatar. Contoh : media sosial, seperti fb, twitter. dll
MODEL PENDAPATAN E-COMMERCE
Cara e-commerce
mendapatkan pendapatan, keuntungan dan memproduksi superior return of
investment, dengan:
Advertising Revenue
Model (Model Pendapatan lewat Pengiklanan)
Situs Web mendapatkan
keuntungan dari pemasang iklan.
Sales Revenue Model (
Model Pendapatan melalui Penjualan)
Pendapatan didapat dari
hasil menjual barang, informasi, atau jasa ke pelanggan. Atau lewat mereka
mendownload sesuatu dari kita contoh mendownload music di iTunes store.
Subscription Revenue
Model
Keuntungan diperoleh
dari biaya berlangganan yang dikenakan untuk pembaca situs yang berlangganan
situs tersebut. Contohnya : Genealogy.com (genealogy research), Microsoft’s
Xboxlive.com (video games), and Rhapsody.com (music)
Free/Freemium Revenue
Model
Menawarkan layanan yang
standar dari suatu aplikasi secara gratis, jika pengguna ingin mendapatkan
layanan yang premium, maka dikenakan biaya.
Transaction Fee Revenue
Model
Keuntungan diperoleh
dari fee pihak-pihak yang bertransaksi menggunakan situs penyedia
Affiliate Revenue Model
Model ini menerima
biaya untuk memungkinkan atau mengeksekusi transaksi. Sebagai contoh, eBay
menyediakan lelang pasar online dan menerima biaya transaksi kecil dari penjual
jika penjual sukses dalam menjual item
PEMASARAN E- COMMERCE
Melalui internet, maka
terbukanya “long tail marketing” yang memungkinkan penjual menjual
barangnya (contoh: music yang penyukanya sedikit) ke konsumennya. Penjual akan
mendapatkan informasi secara spontan, yang imbasnya meningkatkan jumlah
pelanggan. Behavioural targeting mengacu pada pelacakan klik-stream
(daftar situs yang telah diklik) dari individu pada ribuan situs Web, tujuannya
untuk memahami kesukaan mereka, dan mengekspos iklan disana.
E-COMMERCE B2B (BISNIS
KE BISNIS): EFISIENSI DAN HUBUNGAN BARU
Elektronik data interchange (EDI) atau sistem berbayar untuk pertukaran
data elektronik merupakan system dari e-commerce B2B.
Perusahaan menggunakan
EDI untuk mengotomatisasi transaksi B2B e-commerce dan pengisian persediaan
Pemasok secara otomatis dapat mengirim data tentang pengiriman ke perusahaan
membeli. Perusahaan dapat menggunakan EDI untuk menyediakan produksi dan
persediaan persyaratan dan data pembayaran kepada pemasok.
Private Industrial
Network atau private exchange merupakan perusahaan besar yang
menggunakan ekstranet untuk terhubung dengan pemasok dan mitra bisnis lainnya.
Jaringan ini dimiliki oleh pembeli, dan dengan jaringan ini, perusahaan,
pemasok, distributor, dan mitra bisnis penting lainnya yang telah ditunjuk
dapat saling berbagi rancangan dan pengembangan produk, pemasaran, penjadwalan
produksi, manajemen persediaan, dan komunikasi, bahkan dalam bentuk gambar dan
e-mail.
Net Marketplace /
e-hub, menyediakan pasar digital tunggal yang didasarkan pada teknologi
internet untuk pembeli dan penjual yang berbeda.
C. MOBILE E- COMMERCE
LAYANAN APLIKASI dari
M-COMMERCE
Layanan berbasis muatan
dan lokasi yaitu dengan Global Positioning System (GPS). Contoh : di
Jepang, layanan NTT DoCoMo, membuat kita mendapatkan informasi mengenai jadwal
kereta, pembelian tiket, perdagangan saham, bahkan Koran online.
Layanan perbankan dan
keuangan seperti JPMorgan Chase dan Bank Amerika menyediakan layanan pengecekan
saldo, mentrasfer dan menerima tagihan lewat hp.
Periklanan Nirkabel
Permainan dan hiburan
(Games digital, film, streaming tv, music, dll)
MEMBANGUN SITUS WEB E–COMMERCE
Hal yang perlu
diperhatikan :
mengembangkan pemahaman
yang jelas tentang tujuan bisnis Anda
mengetahui bagaimanan
memilih teknologi yang tepat untuk meraih tujuan tersebut
Situs E-commerce dapat
dibangun dan hosting di-rumah atau sebagian atau sepenuhnya diserahkan kepada
penyedia layanan eksternal.
Bet365 Casino Review 2021 - Gambling
BalasHapusThe Bet365 bonus offers a welcome 2019 ford fusion hybrid titanium bonus titanium boiling point that can also be used on certain 라이브스코어 sports. This is citizen promaster titanium offered at most Bet365 casinos, although there are some seiko titanium other Bet365